Sukses Implementasikan Resolusi Keuangan dengan 5 Tips Berikut!

Sudah bulan Maret, bulan ke tiga tahun 2020 namun tak pernah ada kata terlambat untuk merencanakan dan membuat resolusi tahun baru. Seiring dengan semakin matangnya usia Anda, mengatur keuangan untuk investasi jangka panjang harus jadi prioritas. Kesehatan ternyata juga bentuk dari investasi, lho. Anda bisa mengimplementasikannya dengan asuransi kesehatan.

Terutama untuk Anda yang sudah berkeluarga, pengelolaan uang Anda wajib dilakukan secara matang. Berikut ini beberapa tips ampuh untuk mengelola keuangan agar stabil, lancar, dan terorganisir dengan baik:

5 Tips Ampuh Mulai Resolusi Keuangan

Tak semua orang handal dalam mengatur keuangan. Bila memperbaiki keuangan adalah resolusi Anda tahun ini, yuk ikuti tips yang sudah terbukti ini!

Pertama, buat catatan resolusi keuangan

Tulisan bisa menjadi hal kecil sederhana yang bisa mengingatkan Anda tanpa merasa terpaksa. Catatlah alasan mengapa Anda ingin meraih satu level financial dan bubuhkan juga cara yang mesti ditempuh untuk meraihnya.

Gunakan post-it dan tempellah resolusi tersebut di tempat-tempat strategis yang gampang terlihat. Dengannya Anda akan selalu gampang untuk mengingat apa tujuan resolusi keuangan Anda tahun ini!

Kedua, jangan ragu kasih tahu orang terdekat

Tujuannya bukan untuk melibatkan mereka, ya. Namun, dengan memberitahukan resolusi atau rencana keuangan ini diharapkan mereka bisa mengerti kondisi Anda atau bahkan bisa memberikan semangat dan juga sebagai pengingat.

Ketiga, mulai melek asuransi kesehatan

Seperti telah disinggung di awal, investasi tidak hanya berupa benda. Kesehatan pun merupakan investasi yang bisa diraih dengan asuransi kesehatan. Berikut ini manfaat dari asuransi kesehatan:

  • Kunjungan rutin ke dokter untuk mencegar penyakit dan mendapatkan perawatan agar terhindar dari penyakit berbahaya.
  • Perawatan sedini dan sesegera mungkin jika Anda atau pun salah satu anggota keluarga ada yang sakit.
  • Bila memang sdang sakit, komplikasi atau pun kondisi kesehatan yang lebih buruk bisa Anda hindari.

Keempat, rutin monitor kondisi keuangan

Bila salah satu tujuan resolusi keuangan tahun ini adalah ingin mengurangi hutang, rajin-rajinlah cek saldo tabungan Anda. Luangkan juga waktu untuk mengorganisir dan menyelesaikan masalah kondisi keuangan Anda minimal satu kali dalam seminggu.

Kelima, mulai sekarang juga!

Telatkah untuk memulai resolusi keuangan sekarang? Sama sekali tidak. Menunda resolusi atau rencana keuangan dan menganggapnya hanya valid pada saat tahun baru saja adalah salah besar. Mulai sekarang juga!

Agar Resolusi Bisa Tercapai, Ini Tips untuk Konsisten Menjalankannya!

Semua sudah tercatat dan dipikirkan matang-matang, tinggal bagaimana kita menjalankannya. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan agar resolusi keuangan bisa tercapai dengan baik:

Tetaplah realistis. Impian boleh tinggi, tidak ada salahnya, namun tetap harus realistis. Tetap lihat kemampuan Anda. Lihat juga bagaimana Anda pernah menjalankan hal yang sama tahun-tahun sebelumnya.

Buat timeline atau pun deadline. Impian tanpa rencana hanyalah angan-angan. Maka dari itu realisasikan dengan melibatkan batasan waktu agar Anda selalu bersemangat!

Beri self-reward. Ketika Anda bisa mencapai satu milestone kecil seperti lunas hutang atau berhasil menabung dengan jumlah yang konsisten setiap bulannya, berikan hadiah pada diri Anda seperti makan di restoran kesayangan atau pun membeli barang unik namun bermanfaat.

Tetap semangat, jangan mudah menyerah. Ada kalanya kita lupa akan resolusi yang telah dicanangkan. Namun, jangan menyerah saat ini terjadi karena hal tersebut juga termasuk proses. Usahakan untuk selalu kembali ke jalur yang benar.

Mandirilah. Semua tujuan yang telah ditetapkan haruslah hasil dari usaha sendiri. Keluarga, teman, atau pun rekan hanya ada untuk menyemangati, memberikan saran, dan pendapat. Semua usaha harus murni dari Anda sendiri.

Itulah kiat sukses implementasikan resolusi keuangan. Hal kecil ini bisa menjadi resolusi juga selain impian-impian lainnya yang ingin Anda raih. Ingatlah untuk membuat resolusi keuangan yang relalistis, ada batas waktunya, dan kembalilah ke resolusi Anda bila melakukan kesalahan atau terjadi kegagalan. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *