Meski Sudah Punya BPJS Kesehatan, Asuransi Kesehatan Ternyata Masih Penting untuk Dimiliki

Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mewajibkan setiap warga negara terdaftar sebagai anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Meski begitu ternyata asuransi kesehatan juga masih harus Anda miliki. Ini dia alasannya!

Pada tahun 2019, 257 juta penduduk Indonesia merupakan target yang akan menjadi anggota BPJS. BPJS sendiri sebagai badan hokum resmi pilihan pemerintah untuk melaksanakan jaminan kesehatan untuk semua rakyat Indonesia tanpa terkecuali. Dengan menjadi anggota BPJS, semua warna negara akan mendapatkan fasilitas kesehatan yang sama.

Pada pertengahan 2018 sendiri, ternyata dari jumlah peserta yang ditargetkan pada tahun 2019, sudah ada 70% dari target yang sudah menjadi anggota. Semua anggota mendapatkan layanan standar BPJS. Tapi pada kenyataanya tidak semua anggota cocok dengan layanan ini. Maka dari itu melirik asuransi kesehatan di luar BPJS Kesehatan tidak ada salahnya. Dengannya, apa yang tidak ditanggung oleh BPJS, bisa Anda dapatkan dari perusahaan asuransi ini.
Dilihat dari premi dan manfaatnya, layanan dari BPJS kesehatan memiliki premi rendah yaitu Rp 80.000,- untuk peserta kelas 1 yang dibayar per bulan dan sekitar Rp 25.000,- untuk peserta kelas 3 per bulannya.

Bila Anda merasa layanan tersebut kurang maksimal dan memang menginginkan pelayanan yang optimal, tentu Anda perlu menambah benefitnya dengan mendaftar asuransi kesehatan lain diluar BPJS kesehatan.

Bila dengan BPJS Anda harus mengantri panjang, melakukan prosedur klaim yang lumayan ribet, dengan asuransi kesehatan komersil Anda bisa mendapatkan layanan kesehatan yang lebih simple. Berikut ini benefit yang akan Anda dapatkan bila Anda menambah fasilitas kesehatan dengan asuransi.

Jaringan Rumah Sakit yang Cukup Luas

Salah satu benefit dari memiliki layanan asuransi kesehatan komersial adalah kemudahan untuk memilih rumah sakit. Biasanya asuransi kesehatan komersil sudah bekerja sama dengan rumah sakit terbaik. Dengannya Anda bisa memilih rumah sakit yang memiliki layanan sesuai kebutuhan, Anda bisa memilih dokter langganan, dan bahkan memilih rumah sakit yang jaraknya dekat dengan rumah.

Pastikan juga bahwa pihak asuransi kesehatan komersil Anda bekerja sama dengan BPJS kesehatan, sehingga Anda bisa mendapatkan fasilistas kesehatan yang lebih maksimal dan lebih menyeluruh.

Pelayanannya Lebih Cepat

Ada saat di mana pasien tidak bisa menunggu lama-lama untuk mendapatkan pelayanan. Pada saat genting seperti ini, maka asuransi kesehatan komersial Anda cocok untuk digunakan. Bila pasien masih bisa menunggu, maka itu adalah saat yang tepat untuk menggunakan layanan BPJS kesehatan.

Layanan asuransi kesehatan komersial bisa lebih cepat karena untuk mendapatkan layanan tersebut, anggota asuransi tidak harus datang terlebih dahulu ke faskes 1 layaknya BPJS Kesehatan. Nasabah bisa langsung ke rumah sakit utnuk mendapatkan pelayanan yang dibutuhkannya.

Prosedur Klaim yang Simple tanpa Ribet

Tidak ada sistem klaim dalam BPJS Kesehatan. Subsidi silang adalah sistem yang dipakai oleh lembaga pilihan pemerintah ini. Premi yang dibayar tidak akan bisa dicarikan meski pun Anda rutin bayar iuran bulanan BPJS atau pun tidak pernah penggunakan layanannya. Sementara asuransi kesehatan komersial, bila masa polis berakhir, beberapa produk asuransi mengembalikan premi dengan hitungan presentase.

Memiliki atau menjadi anggota BPJS Kesehatan adalah kewajiban setiap warna negara
Indonesia. Namun bagia Anda yang memang memiliki keinginan untuk mendapatkan layanan kesehatan yang lebih cepat dan lebih maksimal atau pun memiliki kebutuhan khusus, maka menyandingkannya dengan asuransi kesehatan komersial adalah cara yang tepat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *