Alasan Ini Yang Bikin Klaim Kamu Ditolak!

Banyak yang merasa ragu dengan pihak asuransi adalah perihal klaim nantinya dapat berhasil atau ditolak. Bagi pemegang polis asuransi pasti ada saatnya klaim manfaat dari polis yang dimiliki. Hal wajar bagi kita bertanya seperti itu kepada agen asuransi.

Klaim asuransi adalah sebuah permintaan resmi kepada pihak perusahaan asuransi, untuk meminta pembayaran berdasarkan ketentuan polis asuransi. Detail-detail dan klausul sudah jelas terdapat didalam buku polis nasabah dan kita hanya tinggal mengikuti prosedur yang berlaku untuk melakukan proses klaim. Sebagai pemegang polis pun harus mengetahui manfaat-manfaat nya, tentunya bisa dibantu oleh agen bersangkutan.

Maka dari itu kita harus mengetahui alasan apa saja yang bisa membuat klaim kita ditolak oleh pihak asuransi. Alasannya apa saja, yuk simak beberapa hal di bawah ini:

Polis dalam keadaan tidak aktif / lapse

Penting untuk membayar polis tepat waktu dan tidak pernah terlambat dari tanggal jatuh tempo. Sekarang ini perusahaan asuransi telah menyiapkan fasilitas seperti autodebet rekening bank dan kartu kredit. Lebih praktis dan tanpa takut polis lapse karena lupa membayar premi.

Polis masih dalam masa tunggu

Setiap manfaat memiliki masa tunggu untuk beberapa kondisi tertentu. Contohnya bagi yang memiliki kartu kesehatan dari Prudential ada masa tunggu kartu untuk 30 hari pertama setelah tanggal polis diterima dan 12 bulan untuk 18 penyakit tertentu. Hal ini bertujuan agar nasabah yang masuk dalam keadaan sehat serta menjaga kelangsungan perusahaan kedepannya. 

Tidak jujur mengenai keadaan kesehatan ketika pengajuan polis / non disclosure

Ketika awal melakukan pengajuan polis pasti oleh agen asuransi dilakukan pertanyaan wawancara kesehatan. Usahakan menjawab dengan jujur pertanyaan yang diberikan dengan tujuan untuk kebaikan pemegang polis itu sendiri. Kondisi kesehatan sangat menentukan apakah nasabah diterima atau tidak dalam proses pengajuannya. Jangan sampai sudah membayar sekian tahun tetapi ketika dibutuhkan tidak dapat klaim.

dokumen yang tidak lengkap atau sah

Pengajuan klaim secara reimburst membutuhkan dokumen-dokumen pendukung yang valid dan kelengkapannya harus diperhatikan. Bila nasabah bingung bisa meminta bantuan kepada agen terdekat Anda.

Segala akibat dari pelanggaran hukum atau kejahatan asuransi

Pihak asuransi tidak dapat memberikan klaim jika tertanggung ada berurusan dengan pihak kepolisian sebagai pelanggar kejahatan atau sebagai pelaku kejahatan. Pastikan Anda telah memahami situasi ini ya, contoh ketika membawa kendaraan pastikan surat-surat mengemudi sudah lengkap dan dalam kondisi sadar.

Kondisi yang sudah ada sebelumnya (pre existing condition)

Apa sih maksudnya pre existing condition, jika Anda sudah memiliki riwayat sakit atau kondisi tertentu yang sudah berlalu diharapkan memberikan data tersebut. Contohnya pernah operasi lutut akibat kecelakaan, memiliki penyakit diabetes, asma dan sebagainya. Walaupun kondisi saat ini sehat hal sebelumnya tetap harus dilaporkan kepada agen agar dapat dicatat.

Nah pasti sekarang sudah lebih paham kan tentang alasan-alasan klaim asuransi dapat ditolak. Dengan mematuhi dan memahami aturan di atas pasti kita bisa lebih tenang. Lebih mudah dan aman masuk asuransi ketika muda dan dikala sehat, sudah pasti deh dikemudian hari klaim akan diterima. 

Bila masih bingung, hubungi kami untuk detail lebih jelas ya. Anda akan dibantu oleh agen berpengalaman dan terbaik dibidangnya. Punya pendapat atau pertanyaan bisa beri komentar di bawah ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *