9 Kriteria Asuransi Kesehatan yang Rekomended untuk Kamu - Premi Terjangkau - Manfaat Terjamin

9 Kriteria Asuransi Kesehatan yang Rekomended untuk Kamu

[et_pb_section bb_built=”1″][et_pb_row][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text _builder_version=”3.6″]

Asuransi swasta di Indonesia banyak sekali tumbuh, terutama penawaran asuransi melalui bank atau telepon yang menawarkan premi sangat murah. Lalu hal apa saja yang bisa menjadi pertimbangan untuk memilih suatu perusahaan asuransi terbaik untuk kita? Berdasarkan studi literatur dari berbagai referensi serta pendapat para ahli perencana keuangan (financial planner) kriteria-kriteria yang patut dipertimbangkan adalah:

#1 Perusahaan Asuransi yang Dapat Dipercaya

Kriteria pertama dalam memilih asuransi kesehatan yang bagus yaitu memilih perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas yang tinggi (dapat dipercaya). Perusahaan yang baik tentunya akan memberikan pelayanan dan kualitas produk asuransi yang baik pula. Anda harus cerdas dalam memilih perusahaan asuransi kesehatan mana yang cocok untuk menjamin kesehatan Anda.

Cara memilih perusahaan asuransi yang dapat dipercaya, yaitu:

  • Perusahaan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).
  • Pelayanan klaim asuransi yang baik.
  • Agen asuransi yang profesional.
  • Memberikan perjanjian secara tertulis.
  • Perusahaan asuransi memiliki kelayakan finansial.

#2 Asuransi dengan sistem Cashless

Terdapat 2 jenis manfaat dari asuransi kesehatan, yaitu asuransi kesehatan reimburse dan asuransi kesehatan cashless. Sesuai dengan namanya, asuransi reimburse mengharuskan nasabah membayar seluruh biaya kesehatan terlebih dahulu dengan menggunakan keuangan/dana nasabah pribadi. Setelah itu, ketika nasabah pulang dari rumah sakit, biaya-biaya kesehatan tersebut bisa diklaim ke pihak perusahaan asuransi. Berbeda dengan asuransi cashless. Dengan asuransi cashless, nasabah tidak perlu membayar seluruh biaya kesehatan terlebih dahulu. Pihak asuransi yang akan membayar biaya kesehatan nasabah di rumah sakit.

Biasanya, yang harus nasabah lakukan ketika nasabah dirawat di rumah sakit yaitu nasabah hanya menunjukkan kartu asuransi kesehatan, tanpa perlu membayar uang muka. Selain cara ini, nasabah juga bisa menyelesaikan tagihan dengan menggesek kartu asuransi kesehatan. Tentunya, asuransi kesehatan cashless memberikan kemudahan bagi para nasabah asuransi atau pihak tertanggung dalam menjalani perawatan dan pengobatan di rumah sakit.

Berikut ini, manfaat yang diberikan oleh pihak asuransi jika Anda menggunakan asuransi cashless, yaitu:

  • Memberikan kemudahan dan kenyamanan saat berobat ke rumah sakit.
  • Memberikan manfaat perlindungan (biaya kamar, biaya obat-obatan, biaya dokter, biaya operasi, biaya kemoterapi, biaya rawat
  • jalan kecelakaan, dan biaya lainnya) yang lebih lengkap.
  • Memberikan manfaat penggantian yang lebih besar.

#3 Jaringan Rumah Sakit yang Luas

Kriteria penting dalam memilih asuransi kesehatan yang bagus yaitu memilih asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit yang luas. Jika sebuah perusahaan asuransi memiliki banyak kerja sama dengan pihak rumah sakit, maka nasabah akan diberi kemudahan dengan menggunakan sistem klaim cashless. Ingat! Asuransi cashless hanya dapat dilakukan di rumah sakit yang memiliki kerja sama dengan pihak perusahaan asuransi. Oleh sebab itu, pilih asuransi yang memiliki jaringan kerja sama yang luas dengan rumah sakit.

Pastikan rumah sakit langganan Anda bekerja sama dengan pihak perusahaan asuransi kesehatan yang akan Anda pilih.

#4 Platform Dan Premi yang Sesuai

Secara ideal, platform asuransi kesehatan yang Anda dipilih harus sesuai dengan kebutuhan, tidak kurang dan tidak lebih. Jika skenario yang diambil lebih rendah, maka Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menutupi kekurangan yang tidak dijamin asuransi ketika rawat inap. Jika skenario yang diambil lebih tinggi, maka Anda akan mengeluarkan sejumlah uang/dana yang “tidak diperlukan” nantinya. Lebih baik Anda bisa mengalokasikan dana tersebut untuk kebutuhan Anda yang lebih penting.

Agen yang baik akan bertanya kepada Anda dan merumuskan manfaat serta premi terbaik untuk nasabahnya. Jadi percayakan kebutuhan Anda kepada agen asuransi profesional.

#5 Manfaat Rawat Inap

Biaya pada asuransi kesehatan biasanya mencakup 2 manfaat, yaitu manfaat rawat jalan dan manfaat rawat inap. Kriteria keenam yang disarankan yaitu sebaiknya dengan memprioritaskan manfaat rawat inap. Mengapa? Manfaat mana yang menanggung biaya yang lebih besar? Apakah rawat inap atau rawat jalan?

Yaa, manfaat rawat inap akan menanggung biaya yang lebih besar dibandingkan dengan manfaat rawat jalan. Sekarang, cek kondisi keuangan Anda! Jika Anda memiliki uang lebih, maka Anda bisa mengambil manfaat tambahan atau rider asuransi untuk rawat jalan.

#6 Tanpa Limit per Perawatan

Tahukah Anda pada asuransi terdapat limit atau batasan yang membatasi jumlah maksimum klaim biaya kesehatan? Pada umumnya, asuransi menerapkan dua jenis limit, yaitu: Limit gabungan semua perawatan dan Limit per perawatan. Pada jenis pertama, limit asuransi membatasi gabungan semua biaya perawatan Rp100 juta dalam setahun. Sementara pada jenis kedua, limit asuransi membatasi biaya konsultasi Rp20 juta setahun, biaya perawatan bedah Rp50 juta setahun, biaya rawat jalan Rp5 juta setahun dan seterusnya. Jika limit asuransi jenis biaya ini dijumlahkan semuanya, mungkin limit asuransi tersebut bisa mencapai Rp100 juta.

Pada praktiknya, ada pihak asuransi yang hanya menggunakan limit pertama, ada yang hanya menggunakan limit kedua dan ada pula yang menggunakan kedua limit secara bersamaan.

#7 Pembayaran Auto Debit Kartu Kredit

Kriteria selanjutnya yang menjadi bahan pertimbangan Anda saat memilih asuransi kesehatan yang bagus yaitu dengan memperhatikan pembayaran auto debit kartu kredit. Auto debit adalah fasilitas untuk membayar premi asuransi secara otomatis. Maksudnya, pembayaran premi dilakukan dengan cara debet otomatis dari kartu kredit. Tentunya, tagihan ini akan muncul pada beberapa hari kemudian sesuai dengan tanggal cetak kartu kredit.

Harap berhati-hati saat melakukan pembayaran dengan fasilitas auto debit pada kartu kredit. Memang fasilitas ini mempermudah Anda dan para nasabah lain dalam membayar premi bulanan asuransi kesehatan. Jika memang Anda harus menggunakan metode atau fasilitas auto debit pada kartu kredit karena pihak perusahaan asuransi tidak menyediakan alternatif pembayaran lain, maka pastikan Anda tahu kapan pembayaran dimulai dan bagaimana prosesnya jika ingin berhenti.

Kuncinya: Pelajari dengan baik dan cerdas bagaimana cara menggunakan kartu kredit agar tidak menimbulkan bahaya di kemudian hari!

#8 Masa Tunggu Penyakit

Perusahaan asuransi kesehatan pada umumnya memiliki sebuah peraturan tentang masa tunggu penyakit. Hal ini mengakibatkan produk asuransi kesehatan harus mensyaratkan masa tunggu untuk beberapa penyakit. Maksudnya, ada beberapa penyakit tidak dapat diklaim selama jangka waktu tertentu sejak tanggal masa berlaku asuransi. Ada sebuah perusahaan asuransi yang menetapkan beberapa penyakit berikut baru bisa diklaim 12 bulan kemudian setelah tanggal masa berlaku asuransi.

Oleh sebab itu, Anda perlu bertanya ke pihak asuransi atau agen asuransi tentang penyakit apa saja yang masuk masa tunggu. Tanyakan pula kepada mereka berapa lama waktu klaim yang ditentukan.

#9 Hindari Mengambil Asuransi Kesehatan via Telepon

Siapa yang sering mendapatkan tawaran asuransi kesehatan melalui saluran telepon atau handphone? Apakah Anda pernah mengalaminya? Tawaran asuransi kesehatan melalui telemarketing (telepon atau handphone) mulai sering bermunculan. Biasanya, mereka bekerja sama dengan penerbit kartu kredit dari sebuah bank. Itulah mengapa mereka bisa mengetahui nomor telepon atau nomor handphone Anda. Jika Anda ditawarkan produk yang mudah Anda pahami, Anda boleh saja mengambil tawaran produk itu langsung melalui telepon. Lain cerita, jika produk yang ditawarkan itu cenderung komplek, seperti asuransi kesehatan, maka lebih baik Anda melakukan analisis, riset, penelitian atau pengamatan lainnya sebelum Anda mengambil keputusan.

Sangat tidak disarankan mengambil keputusan seketika saat penawaran oleh telemarketing! Mengapa? Dengan adanya waktu yang sangat terbatas melalui saluran telepon, maka telemarketing akan berbicara dengan cepat dan meringkas banyaknya informasi yang diberikan. Hal ini mengakibatkan banyak informasi detail yang tidak bisa disampaikan oleh mereka. Jika Anda memang tertarik dan butuh waktu untuk berpikir dengan melakukan analisis terlebih dahulu, Anda bisa meminta nomor kontak pihak asuransi atau agen asuransi, yang bisa Anda hubungi ketika Anda sudah siap.

Menarik kan kriteria yang kita bahas di atas. Bagikan artikel ini untuk teman atau keluarga Anda agar lebih selektif dalam memilih perusahaan asuransi. Jangan lupa untuk berkomentar pada kolom di bawah ini ya.

Sumber: Finansialku

[/et_pb_text][et_pb_image _builder_version=”3.6″ src=”https://pruforlife.com/wp-content/uploads/2020/03/banner-BLOG-01.jpg” url=”https://pruforlife.com/solusi-untuk-anda/” /][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *